MENGENAL SPF dan PA PADA PRODUK TABIR SURYA

By Lee An - August 17, 2019

SPF dapat ditemui pada produk tabir surya di pasaran, tapi masih banyak yang belum tau apa arti dari SPF. Umumnya mereka lebih memahami bahwa produk sunblock yang mereka beli akan melindungi mereka terhadap sinar matahari. Sebagian juga hanya mengetahui soal SPF tapi tidak tentang PA. Di sini akan kita bahas soal keduanya yaitu SPF dan PA yang tertera pada produk tabir surya.



Arti SPF dan PA, Arti SPF dan PA pada Sunblock, Arti SPF dan PA pada Tabir Surya, SPF, PA, SPF adalah, Produk Proteksi Sinar UVB, Sinar UVA, SPF UVB, PA UVA, Sun Protector Factor, SPF 15, SPF 30, Cara Menghitung SPF, Level Proteksi PA+++, SPF berapa lama, Hitung Kekuatan SPF, SPF 30 tahan Berapa Lama, Tingkat Ketahanan SPF 30, Level Proteksi UVA, PA Protection Guard, Apa itu PA pada Sunblock


SPF atau Sun Protector Factor adalah perkiraan jumlah maksimum radiasi UV pada produk yang bisa melindungi kulit. Angka yang tertera di belakang SPF menunjukkan seberapa lama produk tersebut melindungi kulit dan seberapa kuat produk untuk menangkal sinar UV.

Waktu perlindungan produk dihitung dengan mengalikan SPF dengan lamanya kulit bertahan tanpa perlindungan, dimana lamanya kulit akan tahan tanpa perlindungan tergantung jenis masing-masing kulit. Tentunya hal ini sudah diuji sebelumnya, dimana orang dengan kulit putih akan tahan sampai 10 menit sampai kulitnya memerah apabila tanpa perlindungan. Kulit kuning langsat akan tahan sampai 15 menit tanpa perlindungan, sementara orang dengan kulit coklat dan hitam akan tahan sekitar 20 menit. Orang yang mempunyai kulit coklat dan hitam lebih tahan terhadap sinar matahari karena memiliki lebih banyak pigmen melanin.

Apabila sunscreen atau sunblock dengan SPF 15, berapa lama bisa bertahan pada orang berkulit putih? yaitu 10 x 15 = 150 menit perlindungan. Demikian orang berkulit langsat, 15 x 15 = 225 menit dan orang berkulit coklat/hitam, 20 x 15 = 300 menit.

Cara menghitung seberapa kuat perlindungan produk sunscreen atau sunblock , yaitu mengurangi SPF dengan 1 dan dibagi dengan nilai SPF nya. Misal SPF 15, maka 15-1:15 = 0,93, artinya produk tersebut mampu menghalangi sinar UVB sebesar 93%. SPF 30 mampu menghalangi 96,7% sinar UVB. Semakin tinggi angka SPF lebih banyak menghalangi sinar UVB, namun tidak ada produk sunscreen atau sunblock yang 100% menghalangi sinar UV matahari.

PA atau Protection Guard of UVA pada produk sunscreen adalah kadar perlindungan terhadap sinar UVA. PA tertulis pada label produk untuk memberitahukan kepada konsumen tentang level proteksi yang ditawarkan produk tersebut. Sementara untuk tanda +++ dibelakang PA adalah tingkat proteksi produk terhadap sinar UVA. Yang paling umum dipasaran adalah PA+++ yang artinya memiliki level perlindungan terhadap UVAnya tinggi.


  • Share:

You Might Also Like

1 Comments

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete